Minggu, 11 Mei 2014

Kehidupan 32



­­­Tanya Jawab Seputar Kehidupan 32

Pertanyaan :

Bagaimana caranya membantu sanak keluarga yang menfitnah Triratna dan tidak percaya pada Hukum Karma?

Master Chin Kung Menjawab :

Ini harus memiliki kebijaksanaan, kesabaran, diri sendiri harus memberi teladan sebagai seorang praktisi, sehingga keluarga dapat benar-benar merasakannya, sebelum belajar dan sesudah belajar Ajaran Buddha, anda benar-benar mengalami perubahan, maka mereka akan memujinya, sehingga dapat menyelamatkan keluargamu.

Dengan perkataan lain, andaikata sanak keluarga masih saja menfitnah Triratna, tidak percaya pada Hukum Karma, masih merendahkan dirimu, menggosip dirimu, ini berarti ketrampilan melatih dirimu masih belum cukup, moralitasmu masih belum dapat mempengaruhi mereka.

Waktu dulu, kuti yang dihuni Master Yin Guang banyak lalat, nyamuk, kutu loncat, melihat hal ini dayaka-nya ingin mengusir para hewan kecil ini keluar, Master Yin Guang mencegahnya dan berkata, mereka adalah kalyanamitra-ku,   mereka masih berada di sini, berarti moralitas-ku masih belum cukup, sehingga tidak mampu menggugah mereka.

Setelah Master Yin Guang berusia 70 tahun, kuti yang dihuninya, tidak ada lagi serangga kecil. Tak peduli tinggal dimana saja, jika tempat tersebut dihuni orang lain, akan ada lalat, nyamuk; tetapi jika dihuni oleh Master Yin Guang, serangga-serangga itu segera pindah rumah. Nyamuk, semut, lalat, kutu loncat juga bisa tergugah, apalagi sanak keluargamu? Kita harus meneladani Master Yin Guang, melatih diri dan mewujudkan dalam tindakan nyata.

Ketulusan hati dapat menggugah orang lain, tidak boleh ada niat yang menyalahkan orang lain, atau hati yang tidak puas. Kita harus memandang semua orang sebagai ayahbunda kita, melihat mereka sebagai Buddha dan Bodhisattva, dengan perasaan paling hormat, paling suci, lama kelamaan mereka pasti dapat kita pengaruhi dan kita selamatkan.


問:請問如何幫助毀謗三寶、不信因果報應的家親眷屬?

答:這要有智慧、耐心,自己做出修行的好榜樣,讓家裡人很明顯的感觸到,你學佛前與學佛後確實不一樣,他們自然就會讚歎,就能受感化。換言之,家親眷屬還毀謗三寶,不信因果,還侮辱你,說你的閒話,說明自己修行功夫不夠,德行不能感化他們。

  過去,印光大師居住的寮房有蒼蠅、蚊蟲、跳蚤,侍者想將這些小動物清出去,印祖阻止他說,牠們是我的善知識,留牠們在此地,證明我的德行不夠,不能感化牠們。印祖到七十歲之後,所居住的地方,再也沒有這些小動物。無論什麼地方,別人住,有蒼蠅、蚊蟲;印祖一住,全都搬家了。連蚊蟲、螞蟻、蒼蠅、跳蚤都會受感動,何況家親眷屬?我們要學印光大師,真修實踐。真誠心就能感動人,決定不能有責備的心、不滿意的心。我們將一切人看作自己的父母,看作佛菩薩,以最恭敬、最清淨、最尊敬的心,久久一定能感化。21-080-0001