Senin, 23 Juni 2014

Pendidikan 03



­­­Tanya Jawab Seputar Pendidikan 03

Pertanyaan :

Anak usia empat atau lima tahun dalam membaca sutra dan belajar tulisan Tiongkok Klasik, bagaimana urutan pelajarannya?

Master Chin Kung Menjawab :

Anak usia empat atau lima tahun, seharusnya mulai dari belajar Di Zi Gui.  Di Zi Gui adalah landasan ajaran para insan suci dan bijak, sangat penting!  Jika ingin agar anak-anak dapat bersukacita menerima pelajaran ini adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Yang paling penting adalah orang dewasa juga harus ikut mempelajarinya, bahkan harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anak.

Ayahbunda merupakan teladan bagi anak-anak, di hadapan anak-anaknya, ayahbunda harus bersikap sopan, baik saat berjalan, berdiri, duduk dan berbaring juga penuh tata krama, kemudian barulah boleh mendidiknya, sang anak akan jadi salut sepenuhnya. Andaikata prilaku anda sendiri saja tidak benar, dan menghendaki anak anda untuk mematuhi peraturan, dia takkan takluk padamu.

Jaman dahulu ayahbunda merupakan teladan yang baik bagi anak-anak, guru juga merupakan teladan yang baik bagi murid-murid.  Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, harus memberi contoh teladan kepada murid-murid.

Dan terhadap anak-anak, yang terpenting adalah memberikan teladan dalam bentuk tindakan nyata, barulah kemudian memberikan teorinya.  Sampai dia berusia 12 hingga 13 tahun kemudian, akarnya sudah tertanam dengan kuat,  saat itu barulah teori boleh diberikan lebih banyak daripada praktek. Untuk mendidik anak-anak dimulai dari Di Zi Gui sebagai landasan, kemudian dilanjutkan dengan “Kitab Tiga Aksara”, dari sinilah akar dari “Empat Buku (yakni Da Xue, Zhong Yong, Lun Yu dan Mencius)”  tertanam dengan kokoh dan kuat.

Jika ingin mempelajari aksara Mandarin Klasik, “Buku Pelajaran Pendidikan Budi Pekerti (de yu ke ben)” sangat bagus, juga mudah dipahami. Setiap bagiannya tidak melampaui seratus aksara, setiap hari belajar satu bagian, terhadap pendidikan budi pekerti dan bahasa juga sangat bagus, dapat membangun landasan bagi dirinya.

Di dalam sutra Buddha,  “Empat Ajaran Liao-Fan” yang  diusulkan oleh Master Yin Guang, “Sutra Pertanyaan Ananda Kepada Buddha Tentang Baik Dan Buruk”, “Buddhabhasita Dasabhadra Karmamarga Sutra”, dan “Sutra Usia Tanpa Batas”, sungguh bagus. Daya ingat anak kecil sangat bagus, dimulai dengan membaca sutra, tidak perlu mengetahui artinya, membaca hingga sanggup menghafalnya,  setelah berhasil menghafal dengan lancar maka harus senantiasa mengulanginya, sepanjang hidup takkan melupakannya.

Kelak setelah dia dewasa, dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup lainnya, setiap niat pikiran yang timbul akan teringat pada ajaran yang tertera dalam sutra, dengan sendirinya ajaran ini akan menjadi efektif.


問:四、五歲的孩子閱讀經典及學習文言文,請問其順序如何?

答:四、五歲的兒童,應當從《弟子規》入門。《弟子規》是聖賢教學的基礎,非常重要!這個教學若能讓兒童歡喜接受,不是容易的事情。重要的是大人也要學習,並做榜樣給小孩看。父母是子女的表率、模範,父母在子女面前,行住坐臥規規矩矩,然後再要求他,他會心服口服。若你自己不如法,要他按照規矩做,他不服你。

從前父母是兒女的榜樣,老師是學生的榜樣。做老師的很辛苦,要做出樣子給學生看。而對於兒童,最重要的是身教,其次是言教。到他十二、三歲之後,根基紮下去了,那時言教重於身教。童蒙教學,《弟子規》是基礎,再來讀《三字經》、《四書》,從此地紮根。

  若要學文言文,《德育課本》非常好,很淺顯。每一篇都不超過一百個字,每天學一篇,對於德育、文學都有好處,可以為他奠定根基。佛經裡面,印光大師提倡的《了凡四訓》,及《阿難問事佛吉凶經》、《十善業道經》、《無量壽經》都非常好。小朋友的記憶力好,先讀誦,不必求解義,讀到能夠背,背熟了還要常常溫習,一生都不會忘記。長大以後處事待人接物,起心動念就會想到經典上的教訓,這些教訓自然會起作用。21-157-0002